Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki menyatakan Jawa Barat tidak memiliki kebijakan industri yang komprehensif. Menurut pasangan nomor lima ini, setiap kabupaten dan kota memiliki kebijakan sendiri-sendiri.

"Tidak ada rencana bisnis jangka panjang," kata Teten Masduki saat bertandang ke kantor Redaksi Tempo, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2012. Teten menyatakan, pernyataan ini disampaikan setelah berdiskusi dengan kalangan pebisnis.

Dia menyatakan, memang ada sejumlah kredit kepada masyarakat dari pemerintah. Namun, akses untuk mendapatkan itu tidak mudah. Dia sedang menyiapkan skema bagaimana membangun kebijakan industri yang bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. "Jawa Barat itu kompleks, tiap daerah punya masalah masing-masing," kata dia.

Rieke menegaskan, koalisi yang dibangun dengan Teten merupakan kolaborasi partai politik dengan masyarakat sipil. Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bertahan untuk tidak berkoalisi dengan partai lain. "Ini menjadi proyek uji coba ideologi," kata dia.

Rieke menyatakan, dia bersama pasangannya, Teten Masduki, sama-sama tidak memiliki rekam jejak korupsi. Selain itu, keduanya juga tidak didukung dana yang melimpah. Kolaborasi dengan masyarakat sipil diharapkan menjadi contoh gotong-royong dengan eksternal partai. "Ini menjadi latihan untuk memotong transaksional pemilu," kata dia.

Teten mengakui awalnya ada penolakan padanya terkait isu deparpolisasi. Namun, dia menjelaskan kepada PDI Perjuangan kritik terhadap partai politik. Teten mengaku menjelaskan perlu ada kerja sama antara partai dengan masyarakat sipil. "Sampai deklarasi, koalisinya tetap partai dengan sipil," kata dia. Dengan modal ini, dia optimis bisa menjadi pemenang pemilihan kepala daerah Jawa Barat 2013.

http://www.tempo.co/read/news/2012/12/20/058449351/Rieke-Teten-Proyek-Uji-Coba-Jawa-Barat

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More